ALAMAT :

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekretariat : Gedung Balaikota DKI Jakarta, Blok F Lantai 3, Jl.Medan Merdeka Selatan No.8-9, Jakarta Pusat. Telp/Fax (021) 352.1623, HP.0812 8163 3337, 0856 4540 8945, E-mail : antonagusta@gmail.com
, c/p : Anton
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jumat, 28 Maret 2014

FORUM PRB DKI JAKARTA AKHIRNYA TERBENTUK




SETELAH - Melalui diskusi panjang yang memakan waktu hampir satu tahun, akhirnya kepengurusan Forum-Pengurangan Resiko Bencana (PRB) DKI Jakarta terbentuk. Pemilihan berlangsung di ruang pertemuan UN-OCHA, Menara Thamrin Lantai 7, Jakarta Pusat, Jumat (28/03), acara yang dirangkai dalam sebuah Acara Sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan Forum PRB dengan tema “Mewujudkan Ketangguhan Masyarakat Provinsi DKI Jakarta Dalam Menghadapi Risiko Bencana Dan Dampak Perubahan Iklim”.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Pelaksana
BPBD DKI Jakarta, Bambang Musyawardana didampingi Para Kepala Bidang dan Kepala Seksi. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Dinas/Badan/Lembaga terkait kebencanaan yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Perwakilan dari berbagai lembaga non pemerintah yang konsen terhadap isu-isu kebencanaan dan perubahan iklim, para pengurus dari Platform Nasional (Planas), kalangan akademisi, dan dari kalangan dunia usaha, serta para tamu udangan lainnya.

Dalam arahannya Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, menegaskan, selain banjir dan kebakaran Ancaman (apapun jenisnya) dapat menjadi bencana ketika berdampak buruk bagi kehidupan manusia; menyebabkan ketergangguan sistem sosial yang meluas, menimbulkan kerugian jiwa, eknonomi, infrastruktur dan lingkungan.
DKI Jakarta juga rentan terhadap ancaman bencana lainnya.

Lebih lanjut Kepala Pelaksana BPBD juga mengatakan bahwa penanggulangan bencana merupakan urusan bersama.  Tidak hanya dibebankan kepada pemerintah, tapi juga menjadi urusan / kewajiban pelaku bisnis dan masyarakat.

Untuk itu, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, berharap agar Forum-PRB kedepan bisa menjadi mitra strategis untuk mengurangi resiko bencana dan memfasilitasi berbagai kebutuhan yang mengarah pada terwujudnya visi dan misi Provinsi DKI Jakarta.

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 mengenai Penanggulangan Bencana mengamanatkan adanya paradigma baru dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Salah satunya adalah menekankan bahwa penanggulangan bencana pada dasarnya
merupakan tanggung jawab semua orang, setiap warga negara, dimana kewajiban masyarakat adalah berpartisipasi aktif untuk mengurangi resikonya bersama-sama dengan pemerintah dan dunia usaha.

Pada kenyataannya sudah cukup banyak pelaku penanggulangan bencana di Provinsi DKI Jakarta, baik dari kalangan pemerintah, sector swasta maupun masyarakat yang telah melakukan kerja-kerja konkrit Penanggulangan Bencana. Upaya tersebut perlu terus didorong dan dikembangkan agar tercapai hasil optimal
yang mengarah pada berkurangnya resiko bencana yang ada.  Agar upaya-upaya yang telah ada semakin optimal, dibutuhkan sebuah forum yang mampu mewadahi dan menjembatani komunikasi, koordinasi dalam perspektif pengurangan risiko bencana dan adapatasi perubahan iklim di Provinsi DKI Jakarta.

Menurut data dari pihak panitia, peserta yang hadir hampir mencapai seratus orang. Para
peserta sepakat bahwa Forum PRB DKI Jakarta agar diperluas ruang lingkup kegiatannya dengan isu Adapatasi Perubahan Iklim (API). Sehingga Forum PRB DKI Jakarta ini akan menjadi kekuatan untuk mendorong upaya pengarusutamaan PRB dan API di Provinsi DKI Jakarta dalam penyusunan kebijakan, perencanaan pembangunan maupun mendorong perubahan perilaku warga DKI Jakarta dalam menghadapi berbagai ancaman bencana dan dampak perubahan iklim, serta mampu mengurangi ancaman dan kerentanan yang ada.
Forum PRB Provinsi DKI Jakarta merupakan forum yang dibentuk atas kesadaran kritis serta tanggung jawab bersama, pada akhirnya akan menjadi motor penggerak atas kepentingan bersama untuk mengurangi resiko bencana dan dampak perubahan iklim. Hal tersebut menempatkan PRB sebagai bagian untuk mewujudkan kesejahteraan. Sebagai wadah bersama, forum tersebut akan menyediakan mekanisme koordinasi untuk meningkatkan kolaborasi dan koordinasi berbagai pemangku kepentingan melalui proses konsultatif dan partisipatif yang selaras dengan pelaksanaan kerangka kerja PRB sebagaimana ditetapkan dalam kebijakan nasional.

Akhirnya pada seksi pembentukan susunan kepengurusan yang di pandu langsung oleh Victor Rembeth dari DRP, melalui mekanisme musyawarah, terpilih nama-nama susunan kepengurusan Forum – PRB Provinsi DKI Jakarta, dimana kepengurusan ini mendapat amanat untuk penyempurnaan draft statuta dan penyempurnaan susunan kepengurusan, serta rencana strategis forum, yang selanjutkan akan di deklarasikan dalam waktu dekat.

Berikut Susunan Kepengurusan Forum PRB Provinsi DKI Jakarta, hasil pembentukan di UN-OCHA, Jumat (28/03), sebagai berikut :

Tim Pengarah :
Bambang Musyawaradana (Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta)
Sugeng Tri Utomo (Yayasan PRB)
Usman Fidaus (Komunitas Ciliwung)
Nirwono Yoga (Pengamat Tata Kota)
Marco . S (Rujak Center)

Ketua :
Anton Agus Haryanta (Jangkar Persada)

Wakil Ketua :
Bidang Pemerintahan : Andi (Biro Tapem)
Bidang Kemasyarakatan : Yuni (Global Rescue)

Sekretaris :
Sekretaris 1 : Ujang (READY Jakarta)
Sekretaris 2 : Basuki Rakhmat (BPBD)

Bendahara 1 : Ruth (Telkomsel)
Bendahara 2 : Alan (AGP)


Anggota :
Abdul Muis (Budha Tzuci)
Elva (HWDI)
Lukman Hakim (Menwa)
Dian (Rujak Center)
Nanang Sunarto (Zero Risk)
Dianken (PKPU Jakarta)
Aljaer (UNHAN)
Wahid (LPBI - NU)
Risman (Satpol PP)
Luqman (RJT)
Dominic (Wanadri)

Catatan : Notulen selengkapnya menyusul akan di-kirim via milis..

2 komentar:

  1. Selamat dan Sukses atas terbentuknya kepengurusan Forum-PRB DKI Jakarta..

    BalasHapus
  2. Selamat atas terbentuknya pengurus forum PRB, semoga sukses selalu dan tambah berjaya ke depannya. Sukses...

    BalasHapus